Sabtu, 27 Februari 2010

Stop Mata Rantai Dextromethorphan Hydrobromide pada Dunia Cyber

Tema: Kehidupan Sosial Di tengah Derasnya Perkembangan Teknologi yang Pesat
Keyword: Dextro, remaja, internet

Stop Mata Rantai Dextromethorphan Hydrobromide pada Dunia Cyber 

Oleh: M.Salafudin

I. Pendahuluan

a. Latar Belakang

Efek penyalahgunaan dextromethorphan di kalangan pelajar akhir-akhir ini sangat memprihatinkan, mulai dari overdosis ringan hingga yang mengakibatkan kematian.

Dextromethorphan atau DXM sebenarnya sudah dikenal lama di kalangan pelajar, Berdasarkan pengalaman saya meskipun saya tidak pernah memakai DXM, sejak 5 tahun lalu ketika masih berstatus sebagai pelajar SLTA, obat ini dikenal karena harganya yang terjangkau dan mempunyai efek layaknya jenis narkoba lain dengan harga yang lebih mahal.

Sekarang, dengan semakin berkembangnya teknologi internet, membawa dampak baik sisi positif maupun sisi negatif. Salah satu efek negatifnya tersebut, perkembangan DXM ini dapat menjadi semakin tidak terkendalikan. Namun demikian, sosialisasi pengetahuan secara dini tentang dampak buruk yg akan terjadi dapat menghindarkan pelajar untuk terjerumus lebih dalam pada DXM tersebut.

Untuk mencegah perluasan area penyalahgunaan DXM di dunia cyber, dapat dilakukan perang melawan penyalahgunaan DXM lewat dunia cyber itu juga.

b. Tinjauan Pustaka

DXM atau Dextromethorphan Hydrobromide adalah senyawa sintetik yang terkandung dalam berbagai jenis obat batuk yang bersifat antitussive untuk meredam batuk. Ciri khas obat batuk yang mengandung DXM ini biasanya di beri label “DM”.

Obat ini sebenarnya bukanlah narkoba sehingga dapat dijual bebas di apotik-apotik. Akan tetapi penggunaannya banyak disalahgunakan dengan cara mengkonsumsi lebih dari dosis yg dianjurkan.

Jika DXM dikonsumsi melebihi dosis yg dianjurkan, dapat mengakibatkan efek halusinogen dissociative, yaitu dibloknya fungsi kesadaran di dalam otak dan saraf sehingga akan membuat si pemakainya berhalusinasi dan merasakan seperti berada di dalam mimpi dan sukar membedakan antara nyata atau tidaknya halusinasi tersebut. 

Disamping efek halusinasi dissociative tersebut, efek-efek lain yg disebabkan oleh DXM jika dipakai secara berlebihan meliputi: gembira (excited), mengeluarkan banyak keringat, nafas jadi pendek, berada dalam kondisi antara tidur dan sadar, mual dan muntah-muntah, tekanan darah menjadi tinggi, jantung berdebar-debar, amnesia, tidak bisa mengenal kata-kata dan objek yang terlihat, paranoid dan merasakan seperti akan mati, serta koma bahkan kematian.

II. Pembahasan

Dunia Cyber adalah sebuah dunia maya yang membuat penggunanya dapat saling terhubung dengan pengguna lain hanya dengan komputer yang terkoneksi ke dalam jaringan internet. Jangkauan dunia cyber ini mencakup seluruh dunia.

Dalam dunia cyber, terdapat berbagai situs-situs yang mempunyai fungsi dan dan peranannya masing-masing. Seperti situs untuk melakukan pencarian informasi di internet misalnya: www.google.com dan www.yahoo.com, situs jejaring pertemanan misalnya www.facebook.com dan www.friendster.com, situs forum online yang memungkinkan penggunanya untuk saling berdiskusi satu sama lain misalnya www.kafegaul.com, situs untuk melakukan chatting antara penggunanya contoh: www.yahoo.com dengan aplikasinya yahoo messenger dan www.google.com dengan aplikasinya Google Talk. Disamping situs-situs tersebut, beberapa situs yang lain difungsikan sebagai e-commerce, yakni melakukan transaksi jual beli di Internet. Contoh: www.amazon.com, dan lain-lain. 

Melihat fitur-fitur kemudahan yang ditawarkan dari berbagai situs tersebut, bukan tidak mungkin bahwa DXM juga akan menyebar melalui dunia cyber ini.
Contoh Dextromethorphan yang dijual di salah satu situs di Internet

Investigasi pun dilakukan, yakni mulai dari penelusuran beberapa situs yang dicurigai sebagai sarana penyebaran maupun menggunakan situs pencarian, untuk mencari situs-situs yang mengandung kata kunci dextromethorphan atau DXM atau dextro. Dari penulusuran tersebut, di dapatkan sebuah kesimpulan tentang situs yang diindikasikan sebagai sarana penyebaran DXM berupa situs e-commerce yang menjual obat dextromethorphan.
Untuk memerangi penyalahgunaan DXM pada dunia cyber, beberapa situs dapat kita fungsikan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat khususnya pelajar, yakni situs www.wordpress.com atau www.blogger.com, untuk membuat sebuah blog yang berisi tentang catatan-catatan dampak negatif DXM. Disamping itu, kita dapat juga aktif dalam sosialisasi lewat forum-forum online dan kita juga dapat menggunakan situs jejaring pertemanan www.facebook.com, sebagai wadah sosialisasi untuk mengurangi perluasaan penyalahgunaan dextromethorphan ini. 

III. Sumber Referensi:

1. http://faktanarkoba.blogspot.com/2008_09_01_archive.html#8313082427293358510

2. http://www.sehatgroup.web.id/articles/isiArt.asp?artID=122

3. http://www.drugs.com




1 komentar: